STATISTIKA PENELITIAN
Ø Statistika sangat
besar peranannya dlm pengambilan keputusan
Ø Statistika
menggunakan model matematis → dapat melengkapi kelemahan bahasa sbg alat
penalaran ilmiah
Dengan
model matematis:
1.
dpt merumuskan
masalah menjadi lebih singkat dan padat, shg struktur masalah menjadi lebih
terungkapkan, dan hubungan antarkomponen lebih jelas
2.
lebih mudah
melakukan kuantifikasi
3.
lebih mudah dan
cepat mengambil simpulan, apalagi dengan digunakannya alat elektronik/komputer
4.
lebih mudah
dilihat, apakah asumsi yg mendasari komponen-komponen dlm penelitian terpenuhi
atau tidak
Statistika
untuk Validitas dan Reliabilitas
1.
Pengetesan Validitas (Kesahihan)
Ø Validitas butir soal hrs dites, apakah skor tiap butir
berhubungan dng skor keseluruhan atau tidak, derajat kesukarannya sdh memadai
atau belum.
Ø Perlu diadakan uji coba (treatment) utk validasi soal tsb.
Ø Responden uji coba hrs setaraf dg responden yg akan
diteliti
Ø Responden uji coba tdk merasa kalau jadi kelinci
percobaan
Ø Setiap butir soal diuji, dibandingkan dng skor
keseluruhan
Ø Dinyatakan valid, jika hasil akhir berkorelasi antara
nilai butir soal itu dg nilai keseluruhan. Jika tdk, soal hrs diganti
Rumus Korelasi untuk menguji validitas butir soal:
N∑XY
- (∑X)(∑Y)
r = ---------------------------------------
YX √[N∑X² - (∑X)²] [N∑Y² - (∑Y)²]
Ø
Dinyatakan valid
jika hasil rYX lebih besar dari 0 (positif)
Ø
Namun syaratnya
lebih besar dari 0,5 (validitasnya tinggi)
Ø
Jika hasilnya
minus (-), lebih kecil dari 0, maka soal tdk valid
Ø
rYX artinya
korelasi Y thd X.
Ø
Y = nilai skor
seluruh butir soal, X = nilai skor tiap
butir soal
Contoh
Pengujian Validitas
Tabel
Pengujian Validitas Soal Nomor 7
No
|
NAMA
|
X
|
Y
|
X²
|
Y²
|
XY
|
Keterangan:
X
= skor nilai no.7 setiap
responden.
Angka 0 artinya salah
Angka 1 artinya benar
Y
= skor seluruh nomor
butir (bergantung
berapa butir soalnya)
|
1
|
Tora
|
1
|
8
|
1
|
64
|
8
|
|
2
|
Tike
|
0
|
5
|
0
|
25
|
0
|
|
3
|
Aming
|
1
|
3
|
1
|
9
|
3
|
|
4
|
Mike
|
1
|
5
|
1
|
25
|
5
|
|
5
|
Ronal
|
1
|
6
|
1
|
36
|
6
|
|
6
|
Virnie
|
0
|
4
|
0
|
16
|
0
|
|
7
|
Sogi
|
1
|
7
|
1
|
49
|
7
|
|
8
|
Indra
|
1
|
8
|
1
|
64
|
8
|
|
∑
|
6
|
46
|
6
|
288
|
37
|
Dari
penghitungan tersebut, dapat dihitung rYX sebagai berikut.
N∑XY - (∑X)(∑Y)
r = ---------------------------------------
YX √[N∑X² - (∑X)²] [N∑Y² - (∑Y)²]
(8 x 37) - (6 x 46)
= ---------------------------------------
√[(8 x 6) - 6²] [(8 x 288) - (46²)]
296 - 276 20 20
= ----------------------------- =
----------- = --------
√[48 - 36] [2304 - 2116] √12
x 188 √2256
20
= --------
= 0,427 (Angka ini kurang
0,5; sebab itu
47,497 kurang memenuhi validitas)
Dg
rumus yg sama, dpt dicari validitas keseluruhan tes, misalnya dg
membandingkannya dg nilai rapor siswa mata pelajaran ybs.
No
|
NAMA
|
X
|
Y
|
X =
nilai hasil treatment
(dari tes yang diuji)
Y =
nilai rapor (misalnya
nilai rapor bahasa
Indonesia)
|
1
|
Tarsan
|
7
|
6
|
|
2
|
Basuki
|
6
|
6
|
|
3
|
Nunung
|
7,5
|
7
|
|
4
|
Timbul
|
6,5
|
6
|
|
5
|
Tesi
|
6
|
7
|
|
6
|
Kadir
|
6,5
|
6,5
|
|
7
|
Djudju
|
8
|
7,5
|
|
8
|
Mamik
|
8
|
6,5
|
|
9
|
Nurbuat
|
7
|
6,5
|
|
10
|
Rohanah
|
8
|
7
|
2.
Pengetesan Reliabilitas (Keandalan/Keajegan)
Ø Reliabilitas artinya skor nilai yg diperoleh mempunyai
taraf “ajeg”, tidak berubah-ubah.
Ø Jika soal diteskan lagi, nilai tes I dengan tes II
berkorelasi.
Ø Utk mencari reliabilitas juga harus diadakan uji coba.
Ø Idealnya pengujian dilakukan 2 kali, namun karena
pertim-bangan waktu dan kepraktisan, maka dilakukan 1 kali saja.
Ø Teknik menguji reliabilitas ada 3 macam: (1) test-retest, (2) tes paralel, (3) tes spilthalf (belah dua)
Test-retest (teknik
ulangan):
Ø pengujian reliabilitas dng pengetesan 2 kali pada
subjek yg sama. Soal yg sama diteskan 2 kali pada siswa yg sama.
Ø Hasil kedua tes itu dibandingkan berkorelasi atau tidak.
Ø Jarak antara pengetesan I dan II, kurang lebih 3
minggu, dengan asumsi bahwa siswa telah lupa akan tes terdahulu.
Tes Paralel
:
Ø Kepada subjek yg sama diberi 2 bentuk tes secara
berturut-turut, tanpa tenggang waktu.
Ø Kedua bentuk tes itu diasumsikan setaraf, baik tingkat
kesukaran maupun materinya.
Ø Hasil dari kedua tes itu dianalisis dengan analisis
korelasi.
Tes Splithalf (belah dua):
Ø Teknik ini banyak digunakan karena praktis.
Ø Soal yg hanya satu diteskan satu kali, dan hasilnya
dibelah dua, dipisahkan antara tes nomor ganjil
dng nomor genap
Ø Dng melihat ganjil-genap yg akan dibandingkan ini,
penyu-sun soal memperhatikan derajat kesukaran dan isi materi setiap tes yg
berpasangan (misal:no.1 dg no.2, no.3 dg no.4)
Ø Kedua hasil itu kemudian dianalisis dengan rumus
korelasi
Ø
Ketiga teknik ini
akan menghasilkan simpulan, apakah tes reliable (rYX > 0,5), atau tidak (rYX
< 0,5)
Ø
Peneliti biasanya
hati-hati mendapatkan derajat reliabilitas ini
Ø
Orang sering
kurang percaya pada soal yg mempunyai derajat reliabilitas 0,95. Ini berarti
tes yang disusun sangat sempurna.
Ø
Jika rYX = 0 atau
minus (-), maka soal tdk reliabel, harus segera dianalisis, mungkin ada
butir-butir soal yg kurang valid
Contoh Pengujian Reliabilitas
Ø
Pengujian dng
teknik splithalf ini menggunakan
rumus yang berbeda dari teknik test-retest dan teknik tes paralel.
Ø
Pengujian dng
teknik test-retest dan tes paralel menggunakan rumus korelasi rYX, sama spt dlm
pengujian validitas.
Perhitungan
“R” (Reliabilitas) dengan Teknik Splithalf
No
|
Nama
|
Ganjil
X
|
Genap
Y
|
x
|
Y
|
xy
|
x²
|
y²
|
1
|
Dias
|
6
|
6
|
0,4
|
1,6
|
0,64
|
0,16
|
2,56
|
2
|
Riza
|
8
|
5
|
2,4
|
0,6
|
1,44
|
5,76
|
0,36
|
3
|
Ian
|
7
|
5
|
1,4
|
0,6
|
0,84
|
1,96
|
0,36
|
4
|
Ita
|
6
|
5
|
0,4
|
0,6
|
0,24
|
0,16
|
0,36
|
5
|
Yusfi
|
7
|
5
|
1,4
|
0,6
|
0,84
|
1,96
|
0,36
|
6
|
Lia
|
7
|
5
|
1,4
|
0,6
|
0,84
|
1,96
|
0,36
|
7
|
Syai’in
|
7
|
5
|
1,4
|
0,6
|
0,84
|
1,96
|
0,36
|
8
|
Lita
|
6
|
5
|
0,4
|
0,6
|
0,24
|
0,16
|
0,36
|
9
|
Desi
|
6
|
6
|
0,4
|
1,6
|
0,64
|
0,16
|
2,56
|
10
|
Rio
|
5
|
5
|
-0,6
|
0,6
|
-0,36
|
0,36
|
0,36
|
11
|
Hildan
|
7
|
3
|
1,4
|
-1,4
|
-1,96
|
1,96
|
1,96
|
12
|
Dika
|
5
|
5
|
-0,6
|
0,6
|
-0,36
|
0,36
|
0,36
|
13
|
Alya
|
6
|
4
|
0,4
|
-0,4
|
-0,16
|
0,16
|
0,16
|
14
|
Rama
|
6
|
4
|
0,4
|
-0,4
|
-0,16
|
0,16
|
0,16
|
15
|
Willy
|
5
|
5
|
-0,6
|
0,6
|
-0,36
|
0,36
|
0,36
|
16
|
Abi
|
5
|
5
|
-0,6
|
0,6
|
-0,36
|
0,36
|
0,36
|
17
|
Ifah
|
6
|
3
|
0,4
|
-1,4
|
-0,56
|
0,16
|
1,96
|
18
|
Inung
|
5
|
4
|
-0,6
|
-0,4
|
0,24
|
0,36
|
0,16
|
19
|
Rizki
|
5
|
4
|
-0,6
|
-0,4
|
0,24
|
0,36
|
0,16
|
20
|
Husen
|
5
|
4
|
-0,6
|
-0,4
|
0,24
|
0,36
|
0,16
|
21
|
Hasan
|
4
|
4
|
-1,6
|
-0,4
|
0,64
|
2,56
|
0,16
|
22
|
Monik
|
5
|
3
|
-0,6
|
-1,4
|
0,84
|
0,36
|
1,96
|
23
|
Baya
|
4
|
3
|
-1,6
|
-1,4
|
2,24
|
2,56
|
1,96
|
24
|
Yusuf
|
4
|
3
|
-1,6
|
-1,4
|
2,24
|
2,56
|
1,96
|
25
|
Lukman
|
3
|
3
|
-2,6
|
-1,4
|
3,64
|
6,76
|
1,96
|
Jumlah
(∑)
|
140
|
109
|
0
|
0
|
12,6
|
34
|
21,8
|
|
Rerata
|
5,6
|
4,4
|
x
= selisih nilai X dng rerata X; y =
selisih nilai Y dng rerata Y
xy 12,6 12,6 12,6
r½ =
----------- = -------------
= --------- = ------- = 0,46
√(x²)(y²) √34 x 21,8 √741,2 27,22
2 x r½ 2 x 0,46 0,92
R =
--------- = -----------
= ----- = 0,63
(reliabel krn › 0,5)
1 +
r½ 1 + 0,46 1,46
Pengujian Reliabilitas Tes Esei
n ∑σ²i r11 = reliabilitas
yang dicari
r11 = { ----- }{1 - -------} ∑σ²i = jumlah varian skor tiap item
n-1
σ²t σ²t =
varian total
(∑xi)² n = jumlah soal
∑xi² - ----- N = jumlah
responden
N
σ²i (varian skor tiap item) = -----------
N
( ∑skor
total)²
∑kuadrat total - ----------------
N
σ²t (varian total) = -------------------------------------
N
Tabel Analisis Item Tes Esei
Nama
|
Nomor Item
|
Skor
To-tal
|
Kua-drat
Total
|
Kuadrat Nomor Item
|
||||||||||
x1
|
x2
|
x3
|
x4
|
x5
|
x6
|
x1²
|
x2²
|
x3²
|
x4²
|
x5²
|
x6²
|
|||
Ariel
|
10
|
6
|
8
|
8
|
10
|
10
|
52
|
2704
|
100
|
36
|
64
|
64
|
100
|
100
|
Pasha
|
6
|
4
|
4
|
6
|
6
|
5
|
31
|
961
|
36
|
16
|
16
|
36
|
36
|
25
|
Kaka
|
8
|
2
|
6
|
8
|
7
|
8
|
39
|
1521
|
64
|
4
|
36
|
64
|
49
|
64
|
Duta
|
7
|
3
|
7
|
7
|
6
|
6
|
36
|
1296
|
49
|
9
|
49
|
49
|
36
|
36
|
Fadli
|
0
|
5
|
3
|
2
|
4
|
4
|
18
|
324
|
0
|
25
|
9
|
4
|
16
|
16
|
Giring
|
2
|
4
|
2
|
8
|
6
|
8
|
30
|
900
|
4
|
16
|
4
|
64
|
36
|
64
|
Once
|
4
|
3
|
6
|
6
|
6
|
6
|
31
|
961
|
16
|
9
|
36
|
36
|
36
|
36
|
Ian
|
5
|
5
|
5
|
7
|
7
|
7
|
36
|
1296
|
25
|
25
|
25
|
49
|
49
|
49
|
Candil
|
5
|
5
|
4
|
6
|
8
|
5
|
33
|
1089
|
25
|
25
|
16
|
36
|
64
|
25
|
Arman
|
3
|
6
|
3
|
4
|
6
|
6
|
28
|
784
|
9
|
36
|
9
|
16
|
36
|
36
|
Jumlh
|
50
|
43
|
48
|
62
|
66
|
65
|
334
|
11836
|
328
|
201
|
264
|
418
|
458
|
451
|
J u m l a h
(∑x²) = 2120
|
( x1)² 50²
x1² - ----- 328
- ----
N 10 328 - 250 78
σ²1 = -----------
= ------------ =
------------ = ----
= 7,8
N 10 10 10
( x2)²
43²
x2² - ----- 201
- ----
N 10 201 – 184,9 16,1
σ²2 = -----------
= ------------ =
-------------- = ----- = 1,61
N 10 10
10
( x3)²
48²
x3² - ----- 264
- ----
N 10 264 – 230,4 33,6
σ²3 = -----------
= ------------ =
-------------- = -----
= 3,36
N 10 10 10
( x4)²
62²
x4² - ----- 418
- ----
N 10 418 – 384,4 33,6
σ²4 = -----------
= ------------ =
-------------- = -----
= 3,36
N 10 10
10
( x5)²
66²
x5² - ----- 458
- ----
N 10 458 – 435,6 22,4
σ²5 = -----------
= ------------ =
-------------- = -----
= 2,24
N 10 10
10
( x6)²
65²
x6² - ----- 451
- ----
N 10 451 – 422,5 28,5
σ²6 = -----------
= ------------ = -------------- = ----- = 2,85
N 10 10
10
Jumlah semua varian = 7,8 + 1,61 + 3,36 + 3,36 + 2,24 + 2,85
(∑σi²) = 21,22
( ∑skor total)²
∑kuadrat total -
----------------
N
σ²t (varian total) =
-------------------------------------
N
334² 111556
11836 -
------ 11836 - --------
10 10
= ----------------- =
------------------
10 10
11836
-11155,6 680,4
= ------------------- =
------- = 68,04
10 10
n
∑σ²i
6 21,22 6
r11 ={---}{1 - -----}= ---- x (1 - -------) = --- x 0,688
= 0,826
n-1
σ²t 6-1 68,04 5
Tes yang diuji sangat reliabel, krn r = 0,826, lebih
besar dari 0,5
TUGAS :
1. Ujilah
keandalan (reliabilitas) data nilai tes pemahaman bacaan berikut ini dengan
teknik splithalf!
X = 38, 63, 57,
68, 73, 75, 45, 45, 45, 54, 45, 45, 54, 54, 45
Y = 42, 48, 55,
46, 62, 56, 47, 36, 36, 27, 45, 45, 36, 36, 45
2. Ujilah kesahihan (validitas) nilai tes hasil uji
coba (X) dengan mem-bandingkannya dengan nilai raport bahasa Indonesia
(Y)! Data nilai yang diperoleh sebagai
berikut.
X = 70, 63, 56,
77, 70, 49, 70, 63, 56, 42, 70, 49, 70, 63, 70
Y = 84, 91, 84,
63, 56, 63, 84, 77, 70, 70, 84, 91, 42, 91, 98
3.
Hasil tes soal esei sebanyak tiga soal dari delapan siswa (responden) diperoleh
data sebagai berikut.
No.
|
Nama
Responden
|
Soal Nomor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Tia
|
56
|
56
|
49
|
2
|
Nia
|
63
|
63
|
56
|
3
|
Micky
|
49
|
49
|
49
|
4
|
Adit
|
21
|
63
|
49
|
5
|
Cindy
|
28
|
21
|
35
|
6
|
Haikal
|
28
|
35
|
49
|
7
|
Rindu
|
35
|
49
|
63
|
8
|
Adi
|
42
|
56
|
49
|
Ujilah
keandalan (reliabilitas) soal tes esei tersebut!
4 Akan dibandingkan pengaruh model pengajaran analisis
kalimat. Di Kelas A digunakan model tata bahasa tagmemik, di kelas B digunakan
model tata bahasa kasus. Setelah diadakan tes didapatkan data sbb.
Kelas A :
90, 85, 80, 80, 75, 75, 70, 65, 60, 55, 50, 40
Kelas B :
65, 60, 60, 55, 55, 50, 50, 45, 45, 40, 35, 35
Ujilah efektivitas model pengajaran
tersebut dengan Uji-t! Taraf signifikansi = 0,01
5. Akan dibandingkan efektivitas ancangan pengajaran
bahasa. Di Kelas A digunakan ancangan Total Physical Response, kelas B
ancangan The Silent Way, dan Kelas C ancangan Sugestopedy.
Setelah diadakan tes (setelah eksperimen) didapatkan data sbb.
Kelas A :
66, 60, 57, 54, 51, 48, 48, 45, 42, 36
Kelas B : 57,
54, 51, 48, 45, 45, 42, 39, 36, 33
Kelas C :
45, 42, 42, 39, 39, 36, 36, 33, 33, 30
Ujilah
efektivitas ancangan pengajaran tersebut dengan Uji Fisher (Anava)! Taraf signifikansi = 0,05.
HIPOTESIS STATISTIK
Ø
Hipotesis yg
dikemukakan dng kalimat, hrs dpt diformulasikan ke dlm hipotesis statistik. Dengan
demikian dpt diberi kriteria pengujiannya, dan kriteria diterima/ditolaknya
hipotesis itu
Ø
Hal ini dituntut,jika
digunakan statistika sbg alat analisis data.
Ø
Hipotesis statistik:
hipotesis nol (Ho) & hipotesis satu (H1)
Ø
Ho = hipotesis
kesamaan, yakni hipotesis yg menyatakan tdk ada perbedaan, tdk ada pengaruh,
tdk ada korelasi
Ø
H1 (hipotesis penelitian) = hipotesis ketdksamaan,
hipotesis ada pengaruh/ada korelasi
Ø
Yg dinyatakan dlm
hipotesis kualitatif biasanya H1
Ø
Jika H1 dinyatakan, tdk perlu dinyatakan Ho
Contoh:
Hipotesis : Ada perbedaan pengaruh antara Metode Diskusi dengan Motode Ceramah dlm
pembelajaran Sastra
Hipotesis Statistik : Ho : μX
– μY = 0
H1 : μX – μY
≠ 0
Hipotesis : Metode Diskusi lebih efektif
daripada Motode Ceramah dlm
pembelajaran Sastra di SMA
Hipotesis Statistik : Ho :
μX – μY ≤ 0
H1 : μX – μY > 0
Hipotesis : Ada korelasi antara sikap siswa terhadap
sastra dengan prestasi belajar Apresiasi Sastra di SMA
Hipotesis Statistik : Ho : rYX ≤ 0 ] rYX
= korelasi Y
H1 : rYX > 0 ]
terhadap X
Ø
Hipotesis
statistik harus disertai kriteria pengujian hipotesis: Ho ditolak jika
bagaimana, Ho diterima jika bagaimana.
Ø
Penolakan Ho
sudah berarti penerimaan H1, dan
sebaliknya
Ø
Jika sudah
menyatakan penolakan/penerimaan Ho, tidak perlu menyatakan penerimaan/penolakan
H1.
Ø
Contoh: jika
pengujian hipotesis menggunakan t-test,
sebelum mengajukan kriteria, harus mencari nilai t dlm tabel lebih dulu
Ø
Caranya, dng
mencari derajat kebebasan dan taraf signifikansi
Ø
Taraf
signifikansi (ts) biasanya antara 0,05 dan 0,01
Ø
Dlm penelitian
ilmu sosial: 0,01 ts tinggi, 0,05 ts rendah
Ø
Mencari derajat
kebebasan (dk): jumlah sampel (n) – 1, (n – 1)
Ø
Jika jumlah sampel
100 orang, dk-nya = 100 – 1 = 99
Ø
Jika dk = 99, ts
= 0,05; kriteria pengujiannya = t(0,05),99
Ø
Setelah dicari
dlm tabel distribusi t, ditemukan nilai t = 1,66
Ø
Kriteria
Pengujian: Terima Ho jika t ≤ 1,66
Tolak Ho jika t > 1,66
STATISTIK SELISIH DUA RATA-RATA
Ø
Uji beda pengaruh
menggunakan statistik selisih dua rata-rata.
Ø
Uji rata-rata
sederhana menggunakan uji-t (t-test),
uji lebih dari dua rata-rata menggunakan Anava (Analysis of Variance)
Ø
Analisis tdk
cukup dg membandingkan hitungan rata-rata saja
Ø
Penggunaan taraf
signifikansi/taraf ketidakpercayaan menun-jukkan perbedaan itu tidak hanya
secara kebetulan.
Ø
Adanya taraf
signifikansi, analisis statistik digunakan utk menggeneralisasi simpulan yg
lebih luas, krn tdk scr kebetulan
Ø
Taraf
signifikansi (ts) = kemungkinan salah dlm mengambil simpulan. Misal, ts 0,05 =
setiap sampel 100 dimungkinkan salah 5, ts 0,01 = setiap sampel 100
dimungkinkan salah 1
Ø
Utk ilmu sosial
hal itu dpt, namun utk ilmu yg perlu presisi tinggi, ts sangat kecil.
Ø
Dlm ilmu
kedokteran tdk mungkin setiap 100 salah 1 apalagi 5
Pengujian dengan Uji-t (t-test)
Ø
Uji t ada 2
macam: uji t independent dan uji t non-independen
Ø
Uji t independen
= 2 kelompok yg dibandingkan tdk saling mempengaruhi, karena 2 kelompok itu
berbeda respondennya.
Ø
Uji t
non-independen = membandingkan pretes dan postes dari suatu klas yg sama. Tes
ini utk menguji efektivitas pengajaran
Uji
t Independen
Rumus: X1 - X2
t =
-------------------------------
√ ∑x1² + ∑x2² 1
1
( ------------- ) (---
+ ---)
n1 + n2 – 2 n1 n2
X1 = rata-rata
nilai kelas A; X2 = rata-rata
nilai kelas B
x1 = selisih
nilai dikurangi rata-rata untuk kelas A (X1
– X1)
x2 = selisih
nilai dikurangi rata-rata untuk kelas B (X2
– X2)
n1 = jumlah
sampel kelas A; n2 = jumlah
sampel kelas B
dk/df
(derajad kebebasan/degree of freedom)
= n1 + n2 – 2
ts
(taraf signifikansi) = 0,05(signifikan); 0,01(sangat signifikan)
Contoh Penerapan:
Akan
dibandingkan pengaruh metode diskusi dan metode ceramah dalam pengajaran Sastra
di SMA. Di kelas A digunakan metode diskusi, di kelas B digunakan metode
ceramah. Setelah diadakan tes didapatkan data sbb.
Kelas
A : 18, 17, 16, 16, 16, 15, 15, 15, 14, 14, 13, 12, 11, 10, 8
Kelas
B : 13, 12, 12, 11, 11, 11, 10, 10, 10, 10,
9, 9, 8,
7, 7
Penghitungan untuk Mencari t
No
|
X1
|
x1
|
x1²
|
No
|
X2
|
x2
|
x2²
|
1
|
18
|
+4
|
16
|
1
|
13
|
+3
|
9
|
2
|
17
|
+3
|
9
|
2
|
12
|
+2
|
4
|
3
|
16
|
+2
|
4
|
3
|
12
|
+2
|
4
|
4
|
16
|
+2
|
4
|
4
|
11
|
+1
|
1
|
5
|
16
|
+2
|
4
|
5
|
11
|
+1
|
1
|
6
|
15
|
+1
|
1
|
6
|
11
|
+1
|
1
|
7
|
15
|
+1
|
1
|
7
|
10
|
0
|
0
|
8
|
15
|
+1
|
1
|
8
|
10
|
0
|
0
|
9
|
14
|
0
|
0
|
9
|
10
|
0
|
0
|
10
|
14
|
0
|
0
|
10
|
10
|
0
|
0
|
11
|
13
|
-1
|
1
|
11
|
9
|
-1
|
1
|
12
|
12
|
-2
|
4
|
12
|
9
|
-1
|
1
|
13
|
11
|
-3
|
9
|
13
|
8
|
-2
|
4
|
14
|
10
|
-4
|
16
|
14
|
7
|
-3
|
9
|
15
|
8
|
-6
|
36
|
15
|
7
|
-3
|
9
|
∑
|
210
|
0
|
106
|
∑
|
150
|
0
|
44
|
X1
|
14
|
X2
|
10
|
n1 = 15 df =
(15 + 15) – 2 = 28 ) t tabel = t (0,05),28 = 1,70
n2 = 15 taraf
signifikansi 0,05 )
Kriteria
Pengujian : Tolak Ho,
jika t (rasio) > 1,70
Terima Ho, jika
t (rasio) ≤ 1,70
Kemudian
dicari t (rasio) atau t yang harus dihitung dari data.
X1 - X2
t =
-------------------------------
√
∑x1² + ∑x2² 1 1
( ------------- ) (--- + ---)
n1 + n2 – 2 n
n
14 - 10
4 4
t =
-------------------------------
= --------------- = ----------------
√
106 + 44
1 1 √ 150 2 √
5,35 x 0,13
( ------------- ) (--- + ---) (-----) (---)
15 + 15 – 2 15
15 28 15
4 4
=
--------- = ----- = 4,76
( 4,76 > 1,70; jadi Ho
ditolak)
√ 0,695 0,84
Simpulan:
Secara signifikan metode diskusi lebih efektif dari-
pada metode ceramah dalam
pengajaran sastra.
Uji
t Non-independen
Rumus
: Keterangan:
D
D = selisih antara
postes dng pretes
t
= ------------------ D = rata2
selisih antara postes dg pretes
√
(∑D)² N
= jumlah sampel
D²
- ------- Taraf signifikansi : 0,05
atau 0,01
N Derajat kebebasan = N – 1(bukan
n+n-2)
------------- Prinsip mencari
t tabel sama seperti
N (N – 1) pada uji t
independen
Contoh Penerapan :
Akan
diuji keefektifan pelaksanaan pengajaran sastra, thd satu kelas eksperimen yg terdiri
atas 15 siswa. Eksperimen menggu-nakan metode CBSA. Maka dibandingkan hasil
pretes dan postes
Hasil
Pretes: 10, 9, 8, 11, 10, 7, 10, 9, 8, 6, 10, 7, 10, 9, 10
Hasil
Postes: 12, 13, 12, 9, 8, 9, 12, 11, 10, 10, 12, 13, 6, 13, 14
Ø
Nilai pretes dan
postes adalah nilai murid yg sama, maka yg dicari selisihnya adalah nilai murid
yg sama.
Ø
Maka, urutan data
tdk dari besar ke kecil spt pd uji t independ
Penghitungan untuk Mencari t
No
|
Pretes
|
Postes
|
D
|
D²
|
Nilai t table = t (0,05),14 = 1,76
Kriteria Pengujian:
Tolak
Ho, jika t (rasio) > 1,76
Terima Ho, jika t (rasio) ≤ 1,76
2 2
t = ---------------- = -------------
√ (30)² √ 900
164 - ------ 164 - ----
15 15
------------- ----------
15 (15 – 1) 15 x 14
2 2 2
t = ------------- = ------- = -------
√
164 – 60 √ 104 √ 0,49
---------- -----
210
210
2
= ----- = 2,84. Ho ditolak krn
0,7 > dari t tabel
|
1
|
10
|
12
|
+2
|
4
|
|
2
|
9
|
13
|
+4
|
16
|
|
3
|
8
|
12
|
+4
|
16
|
|
4
|
11
|
9
|
-2
|
4
|
|
5
|
10
|
8
|
-2
|
4
|
|
6
|
7
|
9
|
+2
|
4
|
|
7
|
10
|
12
|
+2
|
4
|
|
8
|
9
|
11
|
+2
|
4
|
|
9
|
8
|
10
|
+2
|
4
|
|
10
|
6
|
10
|
+4
|
16
|
|
11
|
10
|
12
|
+2
|
4
|
|
12
|
7
|
13
|
+6
|
36
|
|
13
|
10
|
6
|
-4
|
16
|
|
14
|
9
|
13
|
+4
|
16
|
|
15
|
10
|
14
|
+4
|
16
|
|
Jumlah
|
30
|
164
|
|||
Rata-rata (D)
|
2
|
Simpulan: Pengajaran sastra
dng metode CBSA sangat efektif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar